Januari 15, 2012

Pasta Pasta dan Pastaaaaa...

Berawal dari kesukaan diri sendiri terhadap pasta, especially with creamy sauce. Dont realy like pure tomato sauce, jadi kalau pun base nya tomato sauce selalu di pakein cream :)

Dan jenis pasta nya? Spaghetti yang gampang beli di supermarket, Maccaroni or Elbows yang besaran, Fettuccine (kadang2 karena mie nya lebar2 jadi potensi lbh kering dan juga kudu banyak berlumuran sauce jadi agak boros hihihi), Lasagna (agak males karena step2 nya agak banyak).

Saucenya, pemalas.com. Cukup beli sauce merek Prego 500 gr lalu di tambahin 1 butir bawang bombay dan 500 gr daging cincang, susu cair dan krim kental, cream cheese dan kadang parmesan cheese, jadi deh. Tapi since Qey sensitif terkena radang amandel jadinya bundanya terpaksa menempuh cara sehat dan lebih sedikit usaha aja :).. Creamy Tomamto Sauce resep bisa dilihat disini. penggunaan bisa buat saus Spaghetti dan pasta lainnya dan juga bisa untuk pengisi layernya Lassagna.

1st, berarti juga harus mencoba membuat pasta home made, setelah Google dan You Tube eh kok ya gampang banget, yang susah cuman pas menggiling adonannya aja hihihi, males lagi judulnya itu siiihh.. Langsung nyangkut di pasta roller nya Kitchen Aid, karena udah punya mixer nya jadi tinggal beli attachment nya aja deh..



Penyakit ya kalo udah pengen langsung deh kudu beli buru2. Type yang tersedia namanya KPRA isinya ada 3 roller : basic roller buat bikin lembaran2 besar, Spaghetti roller dan Fettuccine roller. Beli di distributor resminya harga Rp. 2,570,000 dan besoknya paket sudah duduk manis di meja dapur.. Oohh so excited!! Etapiiii... Setelah pamer di milis ada anggota milis yg DM bahwa dia jual cuman 1,7 juta.. Hahaha nasiiibbb.. Gapapa deh kalo dipikirin malah sebel nanti pasta makernya ngambek :))

It took 1 week akhirnya perdana bikin pastanya. Memutuskan bikin Spaghetti dan Raviolli aja deh ya..

Ini aku share step by step pembuatannya yaa..

  
Basic Egg Pasta (1/2 resep)
Source : Kitchen Aid pasta maker recipe book

Ingredients:
2 large eggs
1,75 cups flour (high protein one like Cakra)
1/2 tbs water
1/4 tsp salt

Campur semua bahan dalam bowl mixer, aduk menggunakan flat beater selama 30 detik keceatan rendah

Ganti dengan hook dan aduk kembali selama 2 menit atau sampai kalis

Istirahatkan dough yg sudah kalis selama 20 menit

Setelah 20 menit, bagi dough menjadi 2 bagian. Resep ini menghasilkan 370 gr dough pasta





Taburi meja kerja dengan terigu (sebaiknya marmer, granit, kaca atau meja yg dialas plastik). Terigunya jangan pelit pelit ya :)

Pasang pssta roller, lumuri pasta roller dan dough 1 dengan terigu biar tidak lengket sewaktu digiling.

Pakai nomer 1, giling, lipat, giling lagi, begitu sampai 3x

Pakai nomer 2 giling 3x. Pakai nomer 3, giling 1x

Ketebalan pasta sebenarnya sesuai selera aja, jadi nomer ketipisan pasta juga di coba2 aja

Basic pasta sudah jadi :).. Nah dari situ kita bisa ber kreasi membuat macam2 pasta deh.. Bisa jadi lembaran Lassagna (umtuk lebih jelas bisa klik), Raviolli. Untuk Spaghetti dan Fettuccine, kita tinggal ganti attachmentnya aja. lalu giling deh..


Ini ada video dari You tube ya utuk lihat step by step nya.. Semoga membantu..



0 comments: