Februari 23, 2011

Balado Telur

by Pantry FUN

Yang bikin nafsu liat balado telur adalah telur yang terbelah tergoreng berkulit kering yang sempurna.. Sexy dan kering diluar tapi empuk di dalam. Rahasianya adalah pada minyak utk menggoreng. Minyak yang di pakai harus merendam telur2 itu dan harus panas sekali, menggoreng sesi 2 pun minyak harus dibiarkan panas kembali.. Boros minyak emang :)

Enjoy..


Ingredients:

10 telur ayam utuh di rebus lalu di belah 2
100 gr cabe merah
5 buah cabe rawit merah
2 siung bw putih
2 siung bw merah
1/2 tomat merah
1/4 jeruk lemon besar peras ambil airnya
1/2 sdt garam
1/4 sdt chicken powder
1/8 sdt minyak ikan









Directions:

  1. Panaskan minyak hingga panas sekali, masukan telur rebus satu per satu dengan kuning telur menghadap keatas (aku krn ngeri kecpritan minyak jadi masukinnya pake sodet yg berbentuk sendok). Tutup penggorengan untuk menghindar cipratan minyak. Setelah minyak mereda buka kembali tutup penggorengan dan dilihat sampai warna telur kuning keemasan, angkat dan tiriskan.
  2. Uleg semua bahan kecuali bumbu dapur
  3. Panaskan pengggorengan lain : ambil sedikit minyak bekas menggoreng. Banyaknya minyak yg dipakai untuk menumis akan mempengaruhi 'kebasahan' sang sambal baladonya. 
  4. Tumis semua bahan uleg-an, masukan semua bumbu, cicipin. Kalo ada yg kuran2 ya ditambah sendiri aja :D.. Aduk cabai sampai terlihat matang.
  5. Susun telur  pada pinggang. Guyur/siram telur dengan samel balado yang sudah siap. Sajikan..

0 comments: