Februari 23, 2011

Tom Yam Soup

Original recipe by Andini Rachma Apple Kitchen
Modified by Pantry FUN

 Ingredients: 
250 gram udang besar kupas sisakan ekornya

250 gram Cumi buang kulitnya dan potong lebar atau bulat 
250 gr fillet ikan kakap merah/putih (aku 150 GR)
150 gr Jamur Kancing 
10 bh Baso ikan dipotong sesuai selera (aku gak pakai)
20 Cabe rawit merah
2 liter air (aku 1,5 ltr)
50 gr daun ketumbar (aku gak pake)
6 Batang sereh, memarkan
12 lembar daun jeruk
50 gr jahe dikupas dan dipotong tipis (aku 25 gr)
4 bh jeruk nipis, ambil airnya (aku 2 buah lemon besar )
1 sdt Gula pasir (aku gak pake)
2 sdm + 1/2 sdt garam
2 sdm Tom Yam pasta  
1/2 sdt minyak ikan
1 sdt chicken powder 

Yang dihaluskan :
100 gr cabe merah besar
100 gram kemiri disangrai (aku 10 buah) 
75 gram bawang putih.
3 sdm minyak goreng untuk menumis

 
Direction: 
  1. Tumis semua bumbu yang telah dihaluskan dengan api sedang sampai harum 
  2. Di panci rebus air sampai mendidih, masukkan daun sereh, sebagian daun jeruk dan jahe tambahkan garam secukupnya 
  3. Masukan bumbu yang telah ditumis, gula pasir, garam, minyak ikan, tambahkan jamur kancing, udang,  ikan dan cabe rawit utuh tunggu sampai mendidih tambahkan daun ketumbar, dan sisa daun jeruk kemudian angkat dan tambahkan air jeruk nipis sedikit demi sedikit (sesuai selera) dan tomyam pasta
  4. Sajikan hangat

0 comments: